5 Hal Penting Saat Merakit Sepeda Baik MTB Atau BMX

By On Wednesday, March 15th, 2017 Categories : Tips Sepeda

Selamat datang di blog kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan informasi sepeda pancal yang mungkin Anda butuhkan, 5 Hal Penting Saat Merakit Sepeda Baik MTB Atau BMX.

Cara Merakit Sepeda – Anda pengen beli sepeda baru tapi tidak punya uang yang cukup? Gampang, anda sebenarnya bisa saja melakukan perakitan sendiri yang biayanya justru jauh lebih murah ketimbang harus membeli sepeda baru.

Bahkan selisihnya bisa saja mencapai Rp 1-2 jutaan tergantung dari berapa part yang anda butuhkan. Namun sayangnya untuk merakit sepeda sendiri dibutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra serta ketelitian agar hasilnya bisa benar-benar sempurna. Hal ini berlaku untuk sepeda touring Federal yang saat ini sedang diminati kembali oleh gowes mania.

Nah di kesempatan kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara merakit sepeda sendiri mulai dari persiapan onderdil, pemasangan sampai hasil akhirnya. Berikut point pentingnya:

Tips Merakit Sepeda

Pertama, pastikan uang anda cukup untuk membeli berbagai spare part yang dibutuhkan. Untuk bisa membeli komponen berkualitas tentunya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun saya sarankan jika benar-benar pengen merakit sendiri lebih baik beli part dalam bentuk paket sehingga lebih murah dan tentu saja tidak membuang-buang waktu.

Kedua, tentukan model sepeda apa yang anda inginkan apakah sepeda gunung, BMX, Road Bike dan lain sebagainya. Semua sparepart yang dibutuhkan setiap sepeda jelas berbeda-beda tergantung dari komponen yang dibutuhkan, misalnya saja part untuk sepeda BMX jelas berbeda dengan sepeda gunung begitupun sebaliknya.

Ketiga, tentukan ukuran frame sepeda. Ini merupakan hal yang paling penting karena bisa mempengaruhi kenyamanan anda, pastikan ukuran frame benar-benar sesuai agar hasilnya maksimal. Di Indonesia sendiri produsen sepeda biasanya membedakan ukuran frame dari beberapa ukuran seperti S, M dan L. orang dengan tinggi maksimal 165cm wajib menggunakan frame (16″-17″) S, tinggi 165 – 175cm frame (17″-18″) M, dan lebih dari 175cm frame (18″-19″) ukuran L.

Keempat, siapkan beberapa part yang dibutuhkan untuk merakit sepeda seperti :

– shifter (tuas pemindah gigi) , kiri (depan) dan kanan (belakang)
– brake lever (tuas rem), kiri (depan) dan kanan (belakang)
– brake caliper (rem) berupa v-break atau diskbrake : front and rear
– derailleurs (pemindah gigi) : front and rear
– headset (pengikat steering tube fork dengan stem)
– bottom bracket (as tengah)
– crankset (gear depan lengkap dengan lengan kayuh kiri kanan)
– chain (rantai)
– cassette (gear belakang yang terdiri dari 7 – 10 gear)
– hub and free hub (as roda depan dan belakang)
– perkabelan dan rumah kabel
– dan masih beberapa part lagi lihat gambar.

Kelima, dan yang tidak kalah penting yaitu Buat list daftar barang dari harga sepeda yang beredar di pasaran sebagai patokan pengeluaran yang anda butuhkan.

Source:

cara merakit sepeda,merakit sepeda mtb,merakit sepeda bmx,cara membuat sepeda bmx sendiri,merakit sepeda anak,membuat sepeda bmx,cara merakit sepeda bmx,yg perlu disiapkan merakit bmx,merakit sepeda sendiri,merakit sepeda

5 Hal Penting Saat Merakit Sepeda Baik MTB Atau BMX | sepedaholic | 4.5