Cara Setel FD / Gigi Operan Depan Dengan Benar

By On Friday, April 7th, 2017 Categories : Tips Sepeda

Selamat datang di blog kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan informasi sepeda pancal yang mungkin Anda butuhkan, Cara Setel FD / Gigi Operan Depan Dengan Benar.

Cara Setel FD Sepeda – front derailleur merupakan bagian yang cukup penting pada sepeda, namun jika dirasa kurang tepat anda bisa melakukan penyetelan sendiri pada FD tersebut, hanya saja bukan perkara mudah untuk bisa melakukan setting karena pada dasarnya FD lebih sulit dibandingkan setel RD (rear derailleur).

Biasanya dengan melakukan penyetelan kita lebih mudah dalam menghadapi rute seperti saat posisi menanjak, jalan lurus atau bahkan jalanan menurun. Nah di kesempatan kali ini akan saya sampaikan bagaimana cara melakukan setel pada FD yang benar dan tepat agar tidak salah kaprah yang bisa saja membuat anda celaka.

Sebenarnya anda bisa saja membawanya ke tukang sepeda untuk dilakukan yang tepat namun tidak ada salahnya juga anda melakukan sendiri dan hitung-hitung sebagai pengalaman karena yang pasti tidak mengeluarkan biaya sama sekali dibandingkan harus menyuruh orang bengkel. Berikut langkah-langkah panduan settel FD yang benar :

  1. pastikan lempengan logam yang mengapit rantai yang memindahkan rantai ke chainring harus sejajar.
  2. Pastikan juga antara jarak lempengan luar cage dengan chainring paling besar sekitar 2-4 mm, jika kurang dari jarak tersebut bisa bergesekan dengan chainring sedangkan jika lebih maka rantai tidak pindah dari chainring besar ke chainring nomor 2.
  3. setel baut stopper low lalu Pindahkan dulu RD ke gigi 1, jangan lupa Atur jarak lempeng dalam bagian kiri cage dengan rantai hingga tidak bergesekan.
  4. ketika tetap memutar pedal pindah FD ke gigi 2. Bila tidak pindah, kabel shifter FD kurang tarik. Putar ke kiri pengatur ketegangan kabel di shifter. Kalau berhasil pindah, cek juga jarak lempengan cage bagian dalam kiri dengan rantai ~ jangan sampai bergesekan. Atur jaraknya kira-kira 1 mm. Pengaturannya dengan mengendurkan/ menarik kabel shifter.
  5. Setelah itu pindahkan RD ke gigi 9-10 (gigi paling berat) dan coba pindahkan FD ke gigi 3. Bila tidak bisa memindahkan shifter ke gigi 3, stopper high (H) putar ke kiri untuk menggeser cage ke kanan. Tetapi kalau rantai malah lepas dari FD, putar baut stopper H ke kanan.
  6. Berhasil memindahkan FD ke gigi 3 bukan berarti selesai setel FD. Lihat juga jarak cage bagian dalam kanan dengan rantai, jangan terlalu jauh juga dan tentu jangan sampai bergesekan dengan rantai. Atur dengan memutar baut stopper H.
  7. Sekarang coba menurunkan FD dari gigi 3 ke gigi 2. Bila tidak bisa pastikan langkah nomor 1 & 2 sudah tepat. Pindahkan lagi sampai FD ke gigi 1, bila rantai lepas dari chainring paling kecil geser cage ke kanan dengan memutar baut stopper L ke kanan.

Baca juga: Cara Setting RD (Operan Belakang) Sepeda

Nah itulah tadi cara mudah melakukan setting operan gigi depan sepeda yang benar dan tepat. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat buat anda yang ingin melakukan penyetelan dan pastinya bisa and terapkan sendiri di rumah tanpa harus repot-repot menyuruh orang lain.

Source:

cara setting fd,cara menyetel operan gigi sepeda gunung,cara memasang fd sepeda,cara menyetel fd,cara setting fd sepeda mtb,cara setel operan depan sepeda,cara setel fd mtb,cara seting fd,cara setel gear sepeda mtb,cara setel gigi sepeda

Cara Setel FD / Gigi Operan Depan Dengan Benar | sepedaholic | 4.5