Cara Setel RD / Gigi Sepeda Dengan Benar

By On Friday, April 7th, 2017 Categories : Tips Sepeda

Selamat datang di blog kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan informasi sepeda pancal yang mungkin Anda butuhkan, Cara Setel RD / Gigi Sepeda Dengan Benar.

Cara Setting Operan Belakang Sepeda – RD (rear derailleur) sepeda menjadi bagian yang paling vital dan penting karena ini menjadi salah salah satu untuk memberikan kenyamanan selama bersepeda. Jika bisa setting RD tersebut maka tentu saja tidak akan memiliki kendala sama sekali ketika melakukan gowes.

Bisa anda bayangkan ketikan kita melakukan touring atau bersepeda dengan teman-teman ketika melintasi medan yang menanjak dan panjang lalu tiba-tiba RD berpindah posisi sendiri maka anda sendiri yang repot karena bukan hanya membahayakan diri sendiri namun bisa saja karena tidak kuat menanjak anda harus menuntunnya sampai ke atas. Bisa jadi anda akan ditinggal oleh rombongan lain atau tidak ada tenaga lagi untuk melanjutkan perjalanan karena kehabisan tenaga.

Nah untuk itu daripada kita bingung-bingung lebih baik coba kita pelajari sendiri bagaimana cara melakukan penyetelan pada RD. anda bisa meminta bantuan teman yang ada di komunitas untuk mengajari bagaimana sih sebenarnya setel operan sepeda yang benar.

Tapi jika ingin yang lebih jelas anda tidak perlu khawatir karena pada artikel ini akan saya sampaikan secara jelas bagaimana cara melakukan penyetelan RD yang tepat. Ikuti semua arahan yang saya berikan mulai dari awal sampai akhr supaya tidak ada kesalahan dalam menyetel. Yang paling penting dalam melakukan pengaturan RD tersebut dibutuhkan ketelitian dan kesabaran agar hasilnya bisa lebih memuaskan.

Berikut tips mudah melakukan penyetelan pada RD sepeda :

  1. Pada posisi normal, tanpa tarikan kabel shifter, RD berada di gigi paling kanan (jumlah gigi sprocket paling sedikit). Gampangnya RD terlipat ke belakang. RD ada di posisi paling kanan.
  2. Posisi pulley RD yang atas sejajar dengan gigi sprocket paling sedikit. Kalau tidak sejajar, putar baut bertuliskan H (high) yang ada di RD. Kalau pulley RD ada di kanan gigi sprocket (lihatnya dari belakang sepeda) putar baut ke kanan. Kalau pulley agak ke kiri gigi sprocket, putar baut H ke kiri.
  3. Kalau sudah sejajar, klik shifter 1 kali. Kalau tidak pindah, kabel kurang kencang.
  4. Sebelum mengencangkan kabel shifter, klik dulu shifter kembali ke gigi paling berat. Kemudian putar adjuster kabel yang ada di RD. Atau kalau tidak ada, putar adjuster yang ada di shifter. Putarnya ke arah kiri, bisa banyak bisa sedikit, kira-kira saja dulu. Cek ketegangan kabel, caranya tarik kabel yang terbuka di dekat frame. Kira-kira kalau ditarik, jaraknya 1 cm dari posisi tidak ditarik.
  5. Coba lagi klik 1 kali shifternya. Belum pindah juga? Kembali kencangkan kabel.
  6. Pindah tapi loncat alias pindah 2 gigi? Kabel terlalu kencang. Kembali ke no 4, tapi putarnya ke kanan untuk mengendurkan kabel.
  7. Kalau 1 klik sudah pindah, jangan senang dulu. Cek pindah ke gigi berat lagi. Kalau tidak pindah, kendurkan kabel. Begitu selanjutnya, memang harus berulang-ulang untuk mengecek ketegangan kabel.
  8. Nah itukan baru 1 kali klik. Ingat ya: 1 klik shifter, RD harus pindah 1 gigi. Kalau sudah lancar, coba klik shifter sampai habis. Hati-hati saat di gigi terakhir, jangan nafsu putar cranknya.
  9. Saat shifter di gigi 1, rantai keluar dari sprocket? Terselip antara jari-jari dengan sprocket? Itu berarti harus putar baut (+) yang bertuliskan L (low) pada RD. Putar ke kanan sampai posisi pulley atas RD sejajar dengan gigi paling banyak di sprocket.
  10. Tapi kalau shifter di posisi gigi 1 dan RD tidak bisa pindah ke gigi 1, cek apa benar pulley berada di kanan gigi sprocket paling banyak. Benar? Putar ke kiri baut (+) bertuliskan L pada RD.
  11. Kalau pulley sudah sejajar, cek lagi ketegangan kabel. Kembalikan shifter ke gigi paling berat. Klik 1 kali, RD harus pindah 1 kali. Terus klik 1 kali lagi terus sampai gigi 1. Kalau ada yang tidak pindah, kemungkinan kabel kurang kencang. Kalau lompat 2 gigi, kabel terlalu kencang. Saat mengencangkan/ mengendurkan kabel, posisi RD sebaiknya kembali ke gigi berat.
  12. Jangan lupa, bandingkan juga kecepatan saat pindah ke gigi enteng dengan ke gigi berat. Kecepatannya kurang lebih harus sama. Sudah sama? Jika sudah berarti memang sudah selesai dan disetting dengan benar.
  13. Lakukan langkah-langkah di atas dengan seksama dan perhatikan apakah ada suara yang mengganggu. Dengan begitu anda menjadi semakin ahli memperbaiki operan sepeda.

Baca juga: Cara Setel FD Operan Depan Sepeda

Bagiamana, mudah bukan? Cara diatas setidaknya bisa anda terapkan saat darurat atau bisa juga untuk mencari penyetelan mana yang sesuai dengan keinginan anda. Demikian informasi tips sepeda yang saya berikan dan semoga bermanfaat buat anda.

Source:

cara memperbaiki gear belakang sepeda,cara memperbaiki gigi sepeda gunung,cara memperbaiki operan sepeda,cara menyetel gigi sepeda,cara setting gigi sepeda shimano,gigi sepeda tidak mau pindah,setel gear sepeda,cara set rd,cara menyetel rd,cara setel rd sepeda

Cara Setel RD / Gigi Sepeda Dengan Benar | sepedaholic | 4.5